RSUD ENDE

Rawat Pasien Covid-19, 14 Tenaga Medis di RSUD Ende Tidak Pulang Rumah

Tenaga medis yang terdiri dari dokter, bidan dan perawat yang selama ini menangani pasien terkonfirmasi positif covid-19 di ruangan isolasi RSUD Ende tidak pulang ke rumah. Pihak RSUD Ende menyediakan satu rumah karantina bagi tim medis di kompleks rumah sakit dan memenuhi kebutuhan logistik bagi mereka.

Selain itu pihak rumah sakit juga akan melakukan rapid tes terhadap 14 orang tenaga medis yang menangani pasien covid-19 di ruangan isolasi.

“RSUD Ende siapkan rumah karantina bagi mereka dan mereka tidak pulang ke rumah masing-masing. Untuk kebutuhan makan minum atau logistik lainnya disiapkan oleh rumah sakit,” kata dokter Aries Dwi Lestari kepada wartawan di posko siaga gugus tugas kabupaten Ende, Rabu (27/5/2020) siang.

Dokter Aries Dwi Lestari mengatakan bahwa jumlah tenaga medis yang saat ini menangani pasien terkonfirmasi positif covid-19 di ruangan isolasi RSUD Ende sebanyak 14 orang. Jumlah ini masih sangat cukup untuk merawat enam pasien yang sudah dinyatakan positif covid-19. Dokter Aries juga mengatakan bahwa jumlah tenaga medis ini akan bertambah jika pasien bertambah.

“Jumlah semuanya ada 14 tetapi ini bukan jumlah mati, ada perkembangan penambahan tenaga medis jika ada tambahan pasien baru. Saat ini ada enam pasien jadi masih bisa diatasi,” katanya.

Dokter Aries Dwi Lestari mengatakan bahwa sejak menangani pasien covid-19 mereka tidak pulang ke rumah masing- masing. Semua tenaga medis mengikuti protokoler kesehatan, menggunakan APD level III dan dikarantina di salah satu rumah di kompleks rumah sakit yang telah dijadikan rumah karantina bagi tim medis.

Selama berada di rumah karantina tersebut semua logistik baik makan, minum dan fasiltas seperti tempat tidur ditanggung oleh rumah sakit. Dokter Aries juga menyampaikan bahwa hingga saat ini kondisi kesehatan dari 14 tenaga medis ini masih stabil atau fit dan tidak mengalami keluhan apa pun.

Baca jugaHasil Rapid Test, 13 Warga Numba Dinyatakan Reaktif

“Saya baru cek kondisi mereka dan hingga saat ini masih stabil atau tidak ada keluhan apa pun. Kita akan terus pantau kondisi kesehatan dari tenaga medis,” kata dokter Aries.

Akan Lakukan Rapid Tes

Direktur RSUD Ende mengatakan, meskipun kondisi mereka saat ini sehat dan stabil namun tenaga medis yang menangani pasien covid-19 akan dilakukan rapid tes. Rapid tes ini bukan saja untuk tenaga medis di ruangan isolasi RSUD Ende tetapi juga untuk perawat dan bidan yang berada di rungan yang bersentuhan langsung dengan pasien covid-19 dan juga dokter. Saat ini belum dilakukan karena masih menunggu pengiriman alat rapid tes yang sudah dipesan oleh rumah sakit.

“Kami masih menunggu alat rapid tes yang sudah dipesan. Setelah tiba kita akan lakukan rapid tes terhadap mereka dan juga tenaga medis di ruangan yang bersentuhan langsung dengan pasien covid-19,” kata dokter Aries.*

Bagikan