RSUD ENDE

Kondisi 6 Pasien Covid-19 di RSUD Ende Stabil

Kondisi kesehatan enam orang pasien terkonfirmasi positif covid-19 di ruangan isolasi RSUD Ende saat ini stabil dan tidak ada keluhan seperti batuk, pilek, sesak nafas dan demam.

Meskipun dengan kondisi seperti ini, enam pasien ini masih menunggu hasil dua kali pemeriksaan swab dan diketahui hasilnya negatif baru dinyatakan sembuh dan boleh dipulangkan.

Direktris RSUD Ende, dokter Aries Dwi Lestari kepada wartawan di posko siaga gugus tugas Kabupaten Ende, Rabu (27/5/2020) mengatakan, dari hasil pemeriksaan tim medis RSUD Ende yang menangani pasien covid menyatakan bahwa kondisi pasien hingga saat ini stabil. Tidak ada keluhan apapun dari pasien terkait dengan hal-hal yang mengarah pada corona.

“Keluhan mereka tidak signifikan dan mirip dengan covid-19, tidak ada sesak nafas, batuk pilek dan demam. Hanya ada keluhan seperti lambung dan susah BAB mungkin karena tidak beraktivitas. Tetapi kita sudah berikan obat,” kata dokter Aries.

Dokter Aries Dwi Lestari yang juga sebagai penanggungjawab tim medis yang menangani pasien covid-19 di RSUD ini juga mengatakan bahwa karena tidak ada keluhan yang signifikan, maka tim medis yang menangani mereka juga tidak mengalami kendala dalam penanganan. Tim medis tetap melakukan penanganan sesuai dengan protokoler kesehatan.

“Karena keluhan pasien hanya begitu saja, maka kita tidak terlalu mengalami kendala dalam menangani mereka. Pasien juga sangat kooperatif dan tidak ada kendala apa pun,” kata dr. Aries.

Dokter Aries Dwi Lestari juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu hasil swab kedua dan swab ketiga yang belum dikirim ke Kupang. Kata dia, jika dari hasil dua kali pemeriksaan swab dari pasien yang sudah terkonfirmasi positif covid-19 dinyatakan negatif, maka pasien itu dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

“Intinya kondisi mereka saat ini fit dan kita masih menunggu hasil swab kedua dan ketiga untuk memastikannya. Jika dua kali pemeriksaan swab negatif maka sudah sembuh,” katanya.*

Bagikan