RSUD ENDE

BPKP NTT Berikan Predikat Baik untuk RSUD Ende

Ende, Florespos.net – BPKP  Provinsi NTT memberikan predikat kinerja  baik kepada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende. RSUD Ende mendapatkan predikat baik dengàn kategori penilaian A dengan nilai 69,11.

Direktris  RSUD Ende, dr. Aries Dwi Lestari kepada wartawan, Minggu (19/12/2021) sore mengatakan hasil penilaian ini disampaikan oleh Kepala BPKP NTT,  Sofyan Antonius pada Jumat 17 Desember 2021 di Kantor Bupati Ende.

Dokter Aries mengatakan kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ende dinilai baik karena capaian kinerja dalam kategori A dengan nilai 69,11. Ada tiga aspek yang menjadi perhatian utama dalam  penilaian oleh BPKP Provinsi NTT. Tiga aspek itu adalah  aspek Keuangan, aspek pelayanan dan aspek Mutu dan Manfaat kepada Masyarakat.

Kata  dr. Aries aspek keuangan yang dievaluasi dan dinilai adalah  rasio keuangan dan  kepatuhan pengelolaan keuangan  dari Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ende.

Sementara aspek pelayanan adalah pertumbuhan produktivitas, efektivitas pelayanan dan pertumbuhan pembelajaran. Sedangkan aspek mutu dan manfaat kepada masyarakat adalah mutu pelayanan, mutu klinik, kepedulian kepada masyarakat , kepedulian kepada lingkungan dan akreditasi.

“Tiga aspek itu  yang dinilai oleh BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur,” kata Aries Dwi Lestari.

Direktris RSUD Ende juga mengatakan  sebelumnya pada tahun tahun  2018 dan saat itu RSUD mendapatkan penilaian kinerja dengan nilai B atau kinerja sedang.

Penilaian dan evaluasi yang dilakukan oleh BPKP Provinsi NTT pada  tahun buku 2020 ini dilakukan secara langsung melalui uji petik di lapangan. Manajemen RSUD hanya sebagai fasilitator saat tim BPKP NTT melalukan evaluasi dan penilaian.

Saat melakukan uji petik lapangan tim BPKP juga bertemu dengan komponen lainnya di RSUD Ende seperti tenaga fungsional dan staf.

“Tim BPKP tidak hanya ketemu dengan manajemen tetapi bertemu dengan  para dokter, bidan , perawat hingga security, artinya  bertemu semua komponen tidak terkecuali. Predikat yang diraih ini bukan saja kinerja manajemen tetapi  semua komponen  termasuk para dokter, perawat,bidan hingga petugas non teknis lainnya,” katanya.

Atas prestasi ini sebagai pimpinan RSUD Ende, katanya, menyampaikan terima kasih kepada semua komponen dan unit di RSUD Ende. Kata dokter Aries hasil ini adalah kado akhir tahun bagi RSUD Ende. Dokter Aries berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan membuat pakta integritas dengan seluruh staf sebagai rambu – rambu kerja.

“Kita jangan puas dengan penilaian ini tetapi terus melakukan pembenahan hingga meraih nilai 100,” katanya.*

Bagikan