RSUD ENDE

DRAFT INFORMASI WEBSITE RSUD ENDE
Alamat Website                                    : www.rsudende.co.id
Waktu penyampaian informasi          : November 2022
Sumber                                                   : Profil RSUD Ende tahun 2021

 

A B S T R A K

 

Rumah Sakit Umum Daerah Ende adalah satu-satunya rumah sakit milik pemerintah Kabupaten Ende dengan lokasi di Jalan Prof. W.Z. Yohanes yang berbatasan dengan Sebelah Utara Jalan Sam Ratulangi, sebelah Timur pemukiman penduduk, sebelah Selatan Jalan Prof W.Z. Yohanes dan sebelah Barat dengan pemukiman penduduk. Alokasi tempat tidur yang disediakan adalah 145 tempat tidur. Dan pada tahun 2021 ditingkatkan jumlah tempat tidurnya karena terjadi Pandemi Covid-19. Untuk bulan Januari-Mei 178 TT, Bulan Juni 190 TT dan Bulan Juli-Desember 194 TT . Fasilitas pelayanan lainnya yang ada pada RSUD Ende yaitu Rawat Jalan, Instalasi Gawat Darurat, Ruang Bersalin, Instalasi Bedah Sentral, Unit Penunjang Medis Dan Penunjang Non Medis. Instalasi Rawat Jalan Terdiri Dari Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah, Poli Kandungan, Poli Anak, Poli Mata, Poli Gigi dan Fisioterapi. Klinik VCT, Poli Tumbuh Kembang Anak, Ruang Konsultasi Gizi Dan Pojok Laktasi. Unit Penunjang Medis terdiri Dari Farmasi, Radiologi, Laboratorium, Bank Darah (BDRS), Elektromedis Dan Fisioterapi, sedangkan Unit Penunjang Non Medis terdiri Instalasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Rumah Sakit, Unit Catatan Medik, Instalasi Kamar Jenazah dan Central Oxygen.

 

SEJARAH

 

Rumah Sakit Umum Daerah Ende terletak di Jalan Prof. Dr. WZ. Yohanes, Kelurahan Paupire, Kecamatan Ende Tengah dan berdiri diatas lahan seluas 40.314 M². Sejarah berdirinya RSU Ende pada tahun 1912 oleh J.H.Hyner, P. Danset, P. Samadara dan Mboro. Keempat orang tersebut sekaligus merupakan tenaga pelayan kesehatan pertama pada Rumah Sakit Umum Ende. Pada tahun 1922 Rumah Sakit Umum Ende mulai dipimpin oleh seorang dokter yaitu dr. Boesman tetapi belum mempunyai tenaga pembantu. Pada tahun 1937 secara resmi dilaksanakan pembangunan fisik Rumah Sakit Umum Ende. Tanggal 8 September 1937 dilakukan peletakan batu pertama oleh dr. W. E. F. Wingkel dan tanggal inilah dianggap sebagai tanggal lahirnya Rumah Sakit Umum Ende.

 

PRINSIP DASAR

 

  1. Peningkatan Komitmen SDM di Bidang Pelayanan.
  2. Penataan Kelembagaan dengan mempertegas korelasi dan peran antar unit pelayanan terhadap peningkatan mutu layanan.
  3. Penyelenggaraan manajemen rumah sakit yang akuntabel.
  4. Peningkatan kualitas dan kuantitas SDM sesuai kebutuhan.
  5. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan yang berkualitas.
  6. Adanya fleksibilitas pengelolaan keuangan dengan tetap memperhatikan aspek pengendalian internal yang berpihak kepada kepentingan pasien.
  7. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang aman, tepat, informative, hemat mutu dan manusiawi sesuai prosedur rumah sakit.

 

NILAI DASAR

 

Nilai Dasar adalah sebagai acuan Rumah Sakit Umum Daerah Ende dalam berperilaku yang menunjang tercapainya Visi dan Misi. Nilai dasar tersebut, nantinya diharapkan dapat menjadi faktor pendukung proses keberhasilan organisasi di Rumah Sakit Umum Daerah Ende. Nilai dasar tersebut adalah :

  1. Profesionalisme

Keyakinan terhadap tatanan dalam memberikan pelayanan yang berlandaskan pada kaidah ilmiah dan kaidah profesi serta tidak bertentangan dengan norma– norma yang berlaku di masyarakat, dengan ciri-ciri: bertanggung jawab, inovatif, kreatif, dan optimis.

  1. Integritas

Berperilaku sebagai insan yang beriman, jujur, kerja keras, disiplin, berkomitmen, mendahulukan kepentingan organisasi, serta mampu menjaga keseimbangan Emotional Quotion (EQ), Intelectual Quotion (IQ), dan Spiritual Quotion (SQ).

  1. Kemitraan

Penuh empati, berpikir positif, ikhlas, terbuka untuk pembaharuan dalam mewujudkan keberhasilan bersama.

  1. Keadilan

Menjunjung tinggi keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam menjalankan tugas sesuai beban tugas dan kinerjanya.

  1. Kemandirian

Mampu mengoptimalkan kapabilitas yang dimiliki, untuk mewujudkan jati diri yang terpercaya, baik sebagai individu, tim maupun organisasi.

  1. Etika

Nilai yang dijunjung tinggi dalam pergaulan dengan klien, antar sesama anggota tim kesehatan, antara petugas dengan pimpinan unit kerja maupun etika dalam menjalankan profesi kesehatan dengan klien berprinsip senantiasa mengutamakan kesehatan penderita.

  1. Motto

Suatu ungkapan, semboyan, atau brand image sebuah layanan atau kegiatan yang dapat menggerakkan pencitraan.

 

Motto Rumah Sakit Umum Daerah Ende :

 

“ Fonga Sama Melayani dengan Hati dan Senyum”

      Arti dari motto =   Fonga =   kebersamaan

“ Kebersamaan untuk melayani dengan HATI dan SENYUM ”

  1. Budaya Kerja
  2. Budaya kerja merupakan sikap/perilaku seseorang dalam melaksanakan kerja sehari-hari yang bermutu dengan selalu berdasarkan nilai-nilai yang dianut, sehingga dapat menjadi motivasi dan memberi inspirasi untuk senantiasa bekerja lebih baik.

Budaya kerja RSUD Ende dibangun dengan :

  1.    5 R
  • RINGKAS : SINGKIRKAN DARI BARANG-BARANG    YANG  TIDAK DIPERLUKAN
  • RAPIH : SETIAP BARANG YANG ADA DI TEMPAT            KERJA, MEMPUNYAI TEMPAT YANG PASTI
  • RAWAT : MERAWAT SEGALA SESUATU YANG ADA DI TEMPAT KERJA
  • RESIK : MEMBERSIHKAN SEGALA SESUATU DI TEMPAT KERJA.
  • RAJIN : LAKUKAN APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN JANGAN MELAKUKAN APA YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN
  1. Kepatuhan SOP, UTW (Uraian Tugas dan Wewenang) dan Alur Kerja.
  2. Kerjasama

 

JENIS PELAYANAN DI RSUD ENDE

 

  1. Pelayanan Medis
  • Instalasi Rawat Jalan
    • Spesialis Dasar
  • Klinik Penyakit dalam
  • Klinik Anak
  • Klinik Bedah
  • Klinik Kebidanan
  • Instalasi Gawat Darurat
    • Memiliki dokter umum siaga 24 jam
    • Memiliki alat transportasi untuk rujukan 24 jam
    • Jenis pelayanan Emergency
    • Jenis Pelayanan Kegawatdaruratan
  • Instlasi Bedah Sentral
    • Bedah Minor
    • Bedah Umum/Mayor dan Digetif
    • Bedah Spesialistik : Kebidanan
  • Instalasi Rawat Inap
    • Penyakit Dalam
    • Anak
    • Bedah
    • Kebidanan
    • Perinatology
    • Pelayanan Penunjang Medik : Konsultasi Radiology, Pengambilan Sampel Laboratorium, Gizi, Farmasi, Rehab Medik.
  • ICU (Intensive Care Unit)
    • Instalasi untuk perawatan pasien yang dalam keadaan belum stabil sehingga memerlukan pemantauan ketat secara intensif dan tindakan
    • Unit pelayanan khusus di rumah sakit yang menyediakan pelayanan komprehensif dan berkesinambungan selama 24 jam.

 

  1. Pelayanan Penunjang Rumah Sakit

 

  • Pelayanan Penunjang Klinik terdiri dari :
    • Laboratorium Klinik
    • Radiodiagnostik
    • Farmasi
    • Fisioteraphy
    • Rekam Medik
    • Pelayanan Bank Darah RS
    • Pelayanan VCT dan TB DOT
    • Pelayanan Konseling ASI
    • Pelayanan Konseling Tumbuh Kembang Anak
  • Pelayanan Penunjang Non Klinik terdiri dari :
    • Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS)
    • Laundry/Linen
    • Pelayanan Gizi/Dapur
    • IPSRS
    • Pelayanan Oksigen Sentral
    • Pengolahan Limbah Padat dan Sanitarian
    • Transportasi (Ambulance)
    • Pemulasaran Jenazah

 

 

Selasa, 23 November 2022

Penanggung Jawab Website

 

 

Faojial F R.Varia, SE

NIP. 19700731 201001 2 002